Tuesday, June 30, 2015

Narrative Text Tidak Sekedar Cerita

Sering kan kita dengar istilah narrative text? Tidak bisa dihitung juga kan kita dengan nama cerita? Bahka tidak jarang kita mendapi istilah "narrative text sama dengan cerita", iya kan? Benar tidak? apa ada yang tidak benar? atau alah istilah yang sudah mendarah daging itu malah tidak enar sama sekali?
narrative text sama dengan cerita
Cerita dengan judul SLEEPING BEAUTY juga sering dianggap sebagi teks narrative dalam bahahsa Inggris
Let's talk? Ngomongin apa? Ya tentu ngomongin benar tidaknya narrative text itu sama dengan cerita. Ketika mencari contoh narrative teks di sekolah kita kan selalu atau paling itdak, HAMPIR, mendapi judul

  • cerita Cinderalla
  • cerita malin kundan
  • cerita ayam dan kancil
  • cerita monyet mencari temanya
  • cerita ikan duyung
  • cerita pinokio
  • cerita si buaya yang ingin memakan kancil

dan cerita cerita bik itu fable, legenda, atau sebuah cerita mitos. Smua cerita-cerita diatas muncul ketika kita belajar narrative text. Benar kan mari bersatu membahas cerita adalah narrative text eheheeh. Nah tidak banyak lagi, mapir saja ke

30 Contoh Narrative Text, Mau?

Pasti seru dan akan mendapi bahwa tidak semua cerita itu bisa menjadi narrative text. La kok? heheh

Friday, April 24, 2015

Cara Mengidentifikasi Contoh Text Narrative Dengan Mudah

Judulnya lumayan keren ya? Cara Mengidentifikasi mana contoh text narrative dan mana yang bukan. Pernah melihat soal bahasa inggris yang menanyakan  apa jenis teks pada sebuah bacaan? Pertanyaan dalam soal bacaan tersebut bisa seperti dibawah ini:
  1. What is the text types of the following passage?
  2. What genres is the text below?
  3. What kind of the text is it?
  4. Etc alias dan seterusnya....
Semua contoh soal atau pertanyaan dalam bacaan bahasa Inggris diatas hanya bertujuan 1 yaitu mengetes apakah kita sudah mampu mengindentifikasi jenis teks sebuah bacaan apa belum. Kalau sudah bisa mengidentifikasi berarti jawaban kita akan seputara narrative, descriptive, dan seterusnya. Kalau belum mampu menjawab pertanyaan identifikasi jenis teks seperti diatas ya berarti siap siap masuk daftar orang orang yang harus remedi alias mengulang ujian di waktu yang akan datang.

Pertanyaan identifikasi jenis teks atau genres sebuah bacaan berbahasa Inggris itu gampang. Jawabanya pasti cuman salah satu dari 13 macam teks genres yang dipelajari mulai SMP sampai SMA yang hanya berjumlah 13 itu. Tidak alin dari itu.. dan sekali lagi untuk tingkat sekolah menengah hanya itu yang ditanyakan.

Karena jawabanya tidak akan lepas dari 13 macam jenis teks tersebut maka tugas utam kita tentu cara meneliti, mengidentifikasi bagaimana ciri dan perbedaan antara satu teks dan jenis tek lainnya. Kan sudah pad dipelajari tu di sekolah bahwa belajar jenis teks pasi bekenaan dengan genric structure, language feature, dan tidak ketinggalan function dari kenapa ditulis teks tersebut.

Khusus untuk jenis teks cerita, alias narrative cara mengidentifiakasinya itu sangat mudah. Mudah sekali tidak repot sama sekali. Bagaimana cara membedakan antara teks narrative dengan teks yang lainnya? Apa perbedaan antara teks narrative dan recount, news item, spoof, dan lainnya. Yang jelas pasti beda...wong namanya aja sudah beda hehhe. So how to identify narrative text exclude from other types? here we go!

Unsur Utama Yang Harus Ada Pada Setiap Semua Text Narrative

Semua contoh narrative text itu hanya berinti pada satu hal. Setiap teks narrative itu pasti tidak boleh meninggalkan hal satu tersebut. Artinya jika sebuah ttulisan itu dinamakan dengan narrative, maka tulisan tersebut harus mengandung satu ha utama. Apa hal utama yang harus selalu ada  pada bacaan cerita narrative berbahasa Inggris itu Jawabanya mudah bin gampang sekali.

Unsur utama yang harus ada pada semua teks narrative adalah PERTENTANGAN. Ingat, just remember PERTENTANGAN. Dalam bahasa Inggris pertentangan ini bisa disamakan dengan COMPLICATION. Jadi jika sebuah tulisan itu disebut sebagi narrative, maka pembaca harus bisa merasa ada dan munculnya PERTENTANGAN dalam cerita tersebut.
complication sebagai unsur utama text narrative
Complication sebagai unsur utama text narrative
Apa sebenarnya pengertian PERTENTANGAN atau COMPLICATION tersebut? Hehe dalam bahasa medis, complication adalah akibat atau rentetan penyakit yang muncul setelah penanganan pada penyakit yang pertama. Nah sederhananya compication adalah peristiwa yang muncul yang membuat sebuah kondisi menjadi tidak mudah alias sulit untuk dihadapi oleh para pelaku cerita dan tulisan atau teks narratice tersebut.

Para tokoh cerita dan teks narrative akan begulat dan berjuan mengahadapi munculnya COMPLICATION sepanjang jalannya cerita. Para tokoh cerita ini dihadapkan pada situasi yang tidak bisa dihindari dimana mereka harus berjuang dan berusaha keras menhadapi cmplication tersebut. Lalu bagaimana para penulis cerita narrative mampu menghadirkan kondisi pertentangan sepajang jalannya cerita? Bagaimana kalau teks narrative tesebut sangat panjang dan berlembar lembar. Dari mana para penulis cerita mampu memunculkan permasalah dan permasalaha lagi tanpa henti?

Dalam kajian kesusastraan, komplication ini mungkin bisa disamakan dengan CONFLICT. konflik antar tokoh cerita ini dimunculkan dengan akibat adanya salah satu atau beberapa dari 3 macam hal yang menyebabkan munculnya conflict tersebut. 3 macam hal yang menyebabkan conflict adalah:
1. Alam. faktor ini adalah yang paling klasik dalam dunia cerita. Para tokoh berjibaku dengan keadaan alam yang tidak bersahabat.
2. Sosial: faktor adanya kehidupan berkelompok ini sering sekali dieksplor sehingga memunculkan conflik diatara para tokoh cerita
3. Kejiwaan: faktor dari dalam para tokoh ceita itu sendiri. Seperti adanya 2 pilihan yang sangat sulit untuk dipilih salah satu hhehe. Pilih A tapi gak enak dengan B. Pilih B tai berhadapan dengan A
Untuk membuktikan adanya conplication tersebut tentunya mudah bukan tinggal bac ceritanya, pahami maksudnya, dan tentukan jenis teksnya dan contoh cerita tersebut bisa dilihat dari bacaan dibwah ini.

30 Contoh Narrative Text, Mau?

Mantapkan? banyak bangat contoh cerita narrativenya. Bisa dibaca sebagai pengantar tidur hehhe. Ingat, thinking is believing. Jadi jangan percaya begitu saja sebelum kita pikirkan sebelumnya. Jadi baca dan cari tahu ada complication apa tidak dalam 30 contoh teks narrative diatas.

Wednesday, December 25, 2013

30 Contoh Narrative Text, Mau?

Apa kabar para pelajar SMA dan SMP, pingin belajar narrative text lagi? Liburan hampir usai. Sekolah lagi, ketemu bahasa Inggris lagi. Terus belajar jenis teks lagi. Ya bisa ditebak pasti membaca cerita narrative text lagi, menjawab soal dibawah teks narrative, mencari generic struktur nya, Dan gak kelupaan pasti disuruh cari contoh narraive text yang lain lagi.

Bosan??? Jangan bosan, kalo masih sekolah ya memang harus begitu. Gak boleh nolak, gak boleh milih, bahkan gak boleh menawar. Pokoknya dengarkan, belajar dan kerjakan..... Pasti cepet pinter.
Nah dari pada menggrundel, kali aja besok besok ada tugas bikin contoh text narrave, Kita lihat langsung aja ya. Eit...tapi ingat ya tidak semua tulisan yang dianggap sebagai narrative text itu memang benar, ada kalanya cuman judulnya aja tapi isinya bukan naraitve. Terus kalo ketemu teks yang begitu, gimana?

Gak usah kuatir, gampang. Seperti kata bapak ibu guru bahasa Inggris kalian, teks narrative itu tandanya mudah dilihat? Apa itu? Tandanya adalah apakah didalam teks itu ada komplikasi atau tidak. Jadi komplikasi itu inti dari penulisan narrative text. Sederhananya kalau didalam cerita itu tidak menunjukkan ada kommplikasi, berarti itu bukan teks narrative. Mungkin hanya teks recount, atau malah jangan-jangan itu adalah contoh teks news item hehheh.
Narrative = Story = Cerita
So apa itu komplikasi? Komplikasi atau bahasa Inggrisnya adalah "complication" adalah pertentangan yang menjadi rujukan tokoh cerita untuk bertindak dan berkata. Nah komplikasi atau pertentangan ini adalah wujud adanya masalah (problem) diantara para tokokh cerita itu. Terus apa itu masalah? Kalau kata bapak ibu guru ilmu sosial, masalah (problem) adalah benturan antara sebuah keinginan dengan keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan itu. Contoh dalam cerita "Kancil dan buaya" Kenapa terjadi komplikasi anatara si kancil dan si buaya? Jawabannya sederhana yaitu karena si buaya punya keingan untuk memakan daging kancil yang segar. Keinginan ini tentu tidak sesuai keadan dimana si kancil pasti tidak mau menjadi makanan si buaya. Nah dari pertentangan inilah cerita narrative berkembang dan membentuk apa yang kita namakan sebagai "plot" atau alur cerita.

Lah kok? terus mana contoh narative text nya? Yo Ok kita lihat tulisan tulisan yang bisa dianggap sebagai narrative text dalam bahasa Inggris itu. Contoh-contohnya bisa seperti cerita dibwah ini:
  • Contoh Narrative Text: Princess Merida
  • Kite’s Tale: Example of Narrative Text
  • Narrative Text Myth – Story of Malin Kundang
  • Membaca Contoh Text Narrative – Story of Batara Kala
  • Narrative Text Example – Arabian Story
  • Contoh Narrative Text Fable – Story of Duck and Turtle
  • NARRATIVE TEXT: Definisi, Generic Structure & Contoh nya
  • Example of Narrative Text; The Smartest Parrot
  • Contoh Narrative Text Legenda – Toba Lake
  • CINDERELLA STORY – The Clearest Example of Narrative Text
  • Example of Narrative Text – Legend of Sura and Baya
  • Narrative Text with Generic Structure – Monkeys and Cap Seller
  • Narrative Text- Collection of Love Story
  • Snow White: Example of Narrative Text
  • The Thirsty Crow; a narrative text
  • Smartest Animal Buffalo, Tiger, and Farmer – Narrative Text
  • Building Narrative Text with Complication
  • Narrative Text :The Bear and The Rabbit
  • Contoh Lain Text Narrative "Lutung Kasarung"
  • Contoh Lain Text Narrative – Timun Emas
  • Contoh Lain Text Narrative – The Story of Jonah
  • Contoh Lain Text Narrative – Let' Me Love You
  • Contoh Lain Text Narrative – The Story of Bawang Merah and Bawang Putih
  • Contoh Text Narrative – Romeo and Juliet
  • Kumpulan Lengkap Contoh Narrative Text Terbaik
  • Contoh Narrative Text Komplit
  • Contoh narrative itu banyak sekali
  • Kinds of Narrative
  • Between Recount and Narrative
  • Pengertian Narrative Text Yang Benar

  • Ingat "Knowing is Believing" yang artinya " Percayalah apa yang kamu ketahui" Maksudnya? Ehmmm Jadi kalau 30 contoh narrtive text di atas dikatakan sebagi contoh narrative jangan langsung percaya. Uji dulu dengan perangkat yang sudah kita ketahui. Apa perangkat untuk menguji teks narative? Tak lain adalah adanya sebuah atau beberapa komplikasi. So sekali lagi kalau cerita diatas mengandung 1 atau lebih dari pertentangan, maka teks tesebut layak diberi gelar narrative. Sebaliknya jika cerita diatas tidak mempunyai komplikasi sama sekali maka harus browsing lagi untuk mengerjakan tugas mencari contoh narrative hehehe. Sekian

    Saturday, February 2, 2013

    Narrtive text: 15 Contoh Judul dalam Bahasa Inggris

    Yang lagi cari contoh-contoh narrative text dalam bahasa Inggris, ini ada beberapa contoh judul yang bagus. Semuanya pendek, gak begitu panjang, cocok untuk dipakai mengerjakan PR hehehe.Yang disajikan disini hanya judulnya, teks cerita lengkapnya, lihat link dibawah.

    Text narrative dalam contoh dibawah ini, beberpa sudah dikasi generic structure, dan beberapa dibuat sendiri ya. Kan tinggal cari mana ORIENTATION, mana COMPLICATION, dan mana RESOLUTION.
    Gak usah panajng lebar, ayo liahat contoh narrative text berikut:
    1. The story of kite
    2. The story of Malin Kundang
    3. Rabbit and bear story
    4. Queen of Arabia and three sheiks
    5. The smart parrot
    6. The legend of Toba lake
    7. The story of Cinderella
    8. The story of Lutung Kasarung
    9. The story of Timun Emas
    10. The story of Jonah
    11. Let me love you
    12. The story of Bawang putih and Bawang merah
    13. Romeo and Juliet Tragic Story
    14. The Story of Buffalo and Tiger
    15. The Story of Snow White

    Bagus-bagus kan contoh JUDUL text narrative nya. Lumayan buat koleksi, siapa tahu besok-besok ada tugas bikin text narrative pendek bahasa Inggris, tinggal edit (bila perlu), jangan lupa ditulis ceritanya, trus dikumpulkan. beres...isntant...ehmm tp kapan ya pinternya kalo copypaste terus........dan untuk cerita lengkapnya lihat posting berikut ini!
    http://contoh-narrative-text.blogspot.com/2013/12/30-contoh-narrative-text-mau.html
    Rebes untuk tugas narrative.